Blog tentang Blogging, Bandung, dan Persib

Cara Membuat Blog Gratis di Blogger-Blogspot Terbaru

Cara Membuat Blog Gratis di Blogspot Terbaru untuk Blog Pribadi & Bisnis Online. Tips Praktis Blogging bagi Pemula.

Cara Membuat Blog Gratis di Blogger-Blogspot Terbaru

BLOG adalah situs pribadi (personal website) berisi "catatan harian" (online diary) untuk berbagi pengalaman, wawasan, curhat, link, publikasi foto dan video, dan sebagainya.

Kini juga berkembang menjadi sarana bisnis online (e-commerce), pemasaran internet (internet marketing), toko online, bahkan jadi portal berita (media online, media siber) dan media propaganda atau kampanye politik.

Cara Membuat Blog

Cara membuat blog sangat mudah, semudah membuat email atau akun media sosial. Posting atau mengisinya juga mudah, semudah update status Facebook atau Twitter.

Untuk membuat blog yang SEO Friendly, yaitu blog yang mudah dan cepat terindeks Google, juga mudah. Banyak sekali template blog SEO Friendly gratis yang bisa digunakan. Banyak pula tips dan trik SEO untuk membuat blog Anda cepat populer dan mendatangkan banyak pengunjung.

Namun, sebelum ke teknis membuat blog, kita pahami dulu beberapa istilah penting seputar blogging, yakni platform blog dan niche blog.

Platform Blog



Platform Blog

Platform blog adalah situs atau website tempat membuat blog. Platform blog yang bisa digunakan cukup  banyak.

Namun, menurut situs pemeringkat website dunia, Alexa, platform blog terpopuler dan terbanyak digunakan adalah Blogger (Blogspot) milik Google dan Wordpress.

Kedua blog dengan platform ini pula yang paling sering muncul di halaman depan pencarian Google saat pengguna internet mencari informasi.

Blogger paling banyak terindeks Google. Hal itu wajar, karena blogger merupakan milik mesin pencari terkemuka di dunia (Google). Kalau kita mencari informasi apa saja di Google, juga di Bing atau Yahoo, maka kebanyakan blog yang muncul dari blogger (blogspot).

Selain Blogger dan WordPress, masih banyak platform blog lain, seeprti TypePad, Tumblr, dan Live Journal. Namun, itu tadi, terpopuler mah Blogger.

Niche Blog

Setelah menentukan platform blog yang digunakan, misalnya Blogger, maka tahap kedua adalah menentukan niche, yaitu tema atau topik yang akan menjadi konten atau isi blog.

Misalnya, jika blog Anda nanti berisi seputar sepakbola, maka niche blognya berarti sepakbola. Jika konten (postingan) blog Anda  nanti Informasi tentang Kota Bandung, maka niche blog Anda tentang Bandung.

Begitu seterusnya. Itu yang dinamakan Niche Blog.

Namun, jika isi blog Anda nanti akan berisi apa saja, segala macam, apa saja ditulis, maka Anda tidak memilih niche, namun blog Anda menjadi "general blog", yaitu blog umum yang isinya segala macam hal.

Tahapan Teknis Cara Membuat Blog

Kini saatnya kita langsung action, membuat blog di Blogger atau Blogspot. Ikuti langkah berikut ini.

1. Buka Blogger
2. Login menggunakan akun Gmail Anda. Jika belum punya akun Gmail, silakan buat dulu, dan bisa langsung ke membuat blog.

Catatan:
  • Sebelum beralih ke halaman blogger, terlebih dahulu Anda harus memilih profil mana yang Anda gunakan: Profil Blogger atau Profil Google+
  • Form profil Google Plus akan terisi secara otomotis. Anda juga bisa mengeditnya. Jika sudah selesai mengedit, silakan pilih Upgrade.
3. Langkah berikutnya klik Continue, Continue lagi, dan Continue anyway.
4. Setelah klik Finish, klik Continue to Blogger untuk beralih ke halaman blogger.

Saatnya Membuat Blog!
  1. Klik menu New Blog.
  2. Klik Create blog!

Detail: Cara Membuat Blog Gratis di Blogspot Terbaru

Orang membuat blog dengan bebagai alasan. Ada yang membuat blog karena tugas sekolah, tugas kuliah, ingin berbagi kisah hidup, juga ingin berbagi ilmu, atau mungkin juga karena ingin mendapatkan uang dari blog.

Pada dasarnya, membuat blog tidaklah sulit. Cara membangun blog hanya dengan beberapa langkah saja. Tetapi sebelum membahas lebih jauh mengenai cara membuat blog alngkah lebih baiknya Anda mengetahui pengertian dari blog itu sendiri.

Blog adalah kependekan dari kata web log yang merupakan salah satu aplikasi berbentuk web yang isinya lebih ke tulisan atau artikel. 

Pada umumnya tulisan yang ditampilkan dalam bentuk berurutan mulai dari artikel terbaru sampai artikel paling lama. 

Blog memiliki perbedaan dengan website yaitu blog tidaklah statis atau sering berubah artinya dengan adanya update artikel setiap waktu, hal tersebut akan mempengaruhi tampilan antar muka sebuah blog.

Salah satu situs paling banyak digunakan untuk membuat blog adalah Blogger milik Google.

Berikut adalah Langkah-langkah Membuat Blog Gratis di Blogspot

Anda tidak perlu punya email Gmail dulu untuk membuat blog. Meskipun jika sudah punya, Anda lebih mudah membuat blog.

Jika sudah punya akun Gmail, lakukan langkah mudah ini:

1. Buka www.blogger.com

Blogger Sign In

2. Login dengan email Gmail Anda
3. Klik Bikin blog!


Karena kita akan membuat email baru khusus buat blogging, maka klik link Gunakan akun yang lain di bagian bawah.

Gunakan akun yang lain

Akan muncul lagi halaman login. Abaikan kolom yang ada. Klik saja Buat akun.

buat akun Google untuk blogging

Selanjutnya akan muncul dua pilihan ini. Klik atau pilih Untuk diri sendiri.

buat akun untuk diri sendiri

Akan muncul "formulir" seperti di bawah ini. Silakan isi:
  • Nama Depan (Normal/Diawali huruf kapital)
  • Nama Belakang (Normal/Diawali huruf kapital)
  • Nama pengguna atau username (huruf kecil semua)
  • Kata Sandi (Password) 

isian akun Google baru untuk blogging

Jika sudah selesai, klik Berikutnya. Jika semuanya lancar, akan muncul halaan Selamat datang di Google. Anda datang dengan selamat.

Selamat datang di Google

Anda bisa masukkan nomor telepon untuk keamananan akun, alat email pemulihan jika nanti lupa password.

Isi tanggal bulan dan tahun lahir Anda. Gak usah beneran juga gak apa-apa, asalkan menunjukkan usia Anda di atas 18 tahun alias sudah dewasa. Ini penting untuk monetisasi blog dengan Google AdSense nantinya.

Isi juga jenis kelamin (Gender). Gak nyebutin juga tidak masalah.

Jika sudah selesai, klik Berikutnya. Akan muncul halaman Privasi dan Persyaratan. Scroll atau gulir ke bawah, hingga menemukan link Saya setuju (I Agree).

Privasi dan Persyaratan

Jika semuanya lancar, maka inila saatnya kita...

Membuat Blog!

Silakan isi Title (Judul). Maksudnya, judul atau nama blog Anda. Misalnya, Nama Anda, Contoh Blog, Blog Pendidikan, Seputar Game, dll. sesuai dengan isi blog yang nantinya akan ditulis.

Jika blog pribadi, sebaiknya gunakan nama, bisa nama asli atau nama panggilan. Misalnya: Ahmad Fulan, John Doe, dll. Usahakan maksimal dua kata saja, angan kepanjangan, biar "komersial" dan mudah diingat.

Nama Blog

Jika sudah mantap mengisi judul/nama blog (tenang, nanti bisa diganti lagi kok), Klik Next (Selanjutnya). Nanti akan muncul isian alamat blog atau url yang disambung dengan .blogspotcom

alamat blog

Isi dengan huruf kecil semua dan disambung!

Misalnya: contohblognih, sehingga alamat blognya menjadi contohblognih.blogspot.com. Kenapa pakai "nih"? Soalnya, kalau alamat blog contohblog saja sudah diambil orang lain!

Jika sudah mantap memilih alamat blog (tenang, nanti bisa diganti lagi kok), maka klik Next.

Akan muncul isian profil Blogger, yaitu nama Anda di akun Blogger, seperti nama di akun media sosial. Bisa beda dengan nama dan alamat blog! Misalnya, CB Blogger, Blogger Bandung, atau bisa juga nama Anda (sebaiknya dua kata saja).

profil Blogger

Klik Finish (Selesai). Maksudnya, selesai membuat data Anda di akun Google Blogger. Blognya belum jadi? Sudah!

Begitu klik FINISH, maka Anda akan masuk ke halaman antarmuka alias Dashboard Blogger seperti gambar di bawah ini.

Dashboard Blogger

Klik View your blog (Lihat blog Anda) untuk melihat tampilan blog yang baru saja dibuat. Akan seperti ini tampilan blognya:

contoh blog

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post