Blogging di Kompasiana Hanya Dapat Populer, Kompas Yang Dapat Duitnya

KOMPASIANA adalah platform blog terpopuler di Indonesia. Banyak postingan yang ada di peringkat atas halaman satu Google.

Blogging di Kompasiana Hanya Dapat Populer, Kompas Yang Dapat Duitnya

Siapa yang untung? Penulis (blogger Kompasiana) dan Kompas sang pemilik Kompasiana. Penulis --disebut Kompasianer-- dapat popularitas dan kepuasan. Tulisannya banyak dibaca orang. Hanya itu. Popularitas.

Duit?

Uangnya milik Kompas. Dari Google AdSense atau advertorial. Jadi, begitulah. Kompasianer hanya dapat popularitas. Duitnya buat Kompas. Fair? Relatif lah.

SEO Kompasiana terdongkrak nama besar dan kredibilitas sang induk, Kompas. Pembaca awam mungkin mengira tulisan di Kompasiana adalah karya wartawan Kompas. Namanya cuma beda "iana" doang, "Kompas" dan "Kompasiana".

Mengutip Wikipedia, Kompasiana adalah blog jurnalis Kompas yang bertransformasi menjadi sebuah media warga (citizen media).

Di Kompasiana, setiap orang dapat mewartakan peristiwa, menyampaikan pendapat dan gagasan, serta menyalurkan aspirasi dalam bentuk tulisan, gambar, ataupun rekaman audio dan video.

Kompasiana menampung beragam konten dari semua lapisan masyarakat, dari beragam latar belakang budaya, hobi, profesi, dan kompetensi.

Kompasiana juga melibatkan kalangan jurnalis Kompas Gramedia dan para tokoh masyarakat, pengamat serta pakar dari berbagai bidang, keahlian dan disiplin ilmu untuk ikut berbagi informasi, pendapat dan gagasan.

Di Kompasiana, setiap orang didorong menjadi seorang pewarta warga yang, atas nama dirinya sendiri, melaporkan peristiwa yang dialami atau terjadi di sekitarnya.

Kompasianer --sebutan untuk orang-orang yang beraktivitas di Kompasiana-- juga dapat menyampaikan gagasan, pendapat, ulasan maupun tanggapan sepanjang tidak melanggar ketentuan yang berlaku.

Setiap konten yang tayang di Kompasiana menjadi tanggungjawab Kompasianer yang menempatkannya.

Blogger bisa memanfaatkan Kompasiana untuk promosi blognya atau sekadar "sisipkan link" di artikel yang ditulis di Kompasiana.*

» Thanks for reading: Blogging di Kompasiana Hanya Dapat Populer, Kompas Yang Dapat Duitnya

Tags: ,
Comments

Copyright © 2020 Blogger Bandung All Right Reserved
About | Kontak | Disclaimer | Sitemap