Mengenal John Doe, Fulan, dan Budi

Selain Lorem Ipsum yang menjadi sample posting dalam demo template blog, kita juga sering menemukan nama John Doe sebagai sampel nama blog, khususnya template portfolio. Misalnya demo blog ini:

John Doe

Hello, I am John Doe

Siapa John Doe?

"John Doe" adalah nama fiktif laki-laki yang dipakai untuk terdakwa yang nama aslinya tidak diketahui pada saat gugatan disampaikan dalam suatu perkara hukum. Untuk perempuan digunakan nama "Jane Doe".

Nama John Doe juga dipakai sebagai nama fiktif untuk jenazah yang ditemukan tanpa identitas/belum teridentifikasi, atau orang tanpa identitas yang dirawat di rumah sakit.

Praktik ini dipakai secara luas di Amerika Serikat dan Kanada, tetapi jarang dipakai di negara-negara berbahasa Inggris lainnya, termasuk Britania Raya, negara asal pemakaian nama "John Doe" dalam konteks hukum.

Nama "John Doe" atau sering dieja "Doo" bersama "Richard Roe" atau "Roo" dulunya sering dipakai di Inggris untuk memenuhi persyaratan teknis hukum, dimulai mungkin sejak masa pemerintahan Raja Edward III (1312–1377).

John Doe kadang-kadang dipakai untuk laki-laki biasa dalam konteks lain, seperti halnya nama-nama seperti John Q. Public, Joe Public atau John Smith. 

John Doe juga dipakai pada formulir sebagai contoh nama berikut alamat fiktif dan informasi fiktif lainnya untuk memberi contoh cara mengisi formulir. 

Nama John Doe juga sering dipakai dalam budaya populer, misalnya film Frank Capra yang berjudul Meet John Doe, dan film The Autopsy Of Jane Done.

Nama anak kecil atau bayi yang tidak diketahui identitasnya disebut Baby Doe. Kasus pembunuhan di Kansas City, Missouri menyebut nama bayi korban sebagai Precious Doe.

Nama fiktif yang dipakai untuk penggugat anonim atau identitasnya tidak diketahui adalah Richard Roe untuk laki-laki dan Jane Roe untuk perempuan (seperti dalam keputusan bersejarah Roe v. Wade oleh Mahkamah Agung Amerika Serikat).

Demikian penjelasan tentang John Doe di Wikipedia dengan referensi Hill, Gerald (2009). Nolo's Plain-English Law Dictionary. Nolo. hlm. 232; What's In A Name. Merriam-Webster. 1996; dan Goldblatt, Jeff (2002-08-08). "Slain Mystery Girl Brings Community Together". FOX News Network. 

John Doe

"John Doe is also an average or typical man, and Jane Doe is an average or typical woman," menurut Cambridge English Dictionary.

Sumber lain menyebutkan, nama John Doe sendiri berasal dari peristiwa pembunuhan Presiden Amerika, McKinley pada 6 September 1901. Pembunuhnya bernama Leon F. Czolgosz yang sehari sebelum pembunuhan, dia menginap di Riggs House Hotel. Dan di hotel tersebut, dia menggunakan nama samaran John Doe.

Di Indonesia, John Doe dan Jane Doe adalah nama Budi dan Wati yang menghiasi buku-buku pelajaran saya sewaktu SD.

Selain Budi dan Wati, nama fiktif yang sering digunakan di Indonesia adalah Fulan atau Polan.

Polan merujuk pada nama orang yang tidak dirincikan identitasnya. Menurut KBBI, polan (bentuk tidak baku: fulan) adalah:

  • sebutan kepada orang yang tidak diketahui namanya: si --, si Anu
  • sebutan kepada orang yang tidak ingin disebutkan nama sebenarnya atau namanya terlupa: bapak si -- itu telah pergi kemarin

Jadi, dalam bahasa Indonesia John Doe itu Polan atau Si Anuuntuk menyebutkan orang tanpa bermaksud menjelaskan identitasnya. 

Dengan demikian, John Doe, Fulan, dan Budi memiliki fungsi yang sama, yaitu merupakan nama fiktif bagi seseorang yang identitasnya.

Nah, sudah tahu kan sekarang siapa John Doe?

» Thanks for reading: Mengenal John Doe, Fulan, dan Budi

Tags:
Comments

Copyright © 2020 Blogger Bandung All Right Reserved
About | Kontak | Disclaimer | Sitemap