Cara Menghindari Tribunnews di Hasil Pencarian Google

Banyak pengguna internet atau pembaca berita media online tidak suka dengan Tribunnews. Berikut ini Cara Menghindari Tribunnews Muncul di Hasil Pencarian Google.

TRIBUNNEWS

TRIBUNNEWS adalah situs berita jaringan milik Kompas Gramedia Gruop.

Menurut Wikipedi, Tribunnews.com adalah situs berita online Indonesia yang dipublikasikan oleh PT. Indopersda Primamedia. Situs berita online dengan tagline “Berita Terkini Indonesia” ini, berkantor pusat di Gedung Group of Regional Newspaper Kompas, Jl. Palmerah Selatan No.3, Jakarta Pusat.

Pihak Tribunnews sendiri menyatakan, situs berita TRIBUNnews.com dikelola PT Tribun Digital Online, Divisi Koran Daerah Kompas Gramedia (Group of Regional Newspaper).

Berkantor pusat di Jakarta, situs berita ini menyajikan berita-berita nasional, regional, internasional, olahraga, ekonomi dan bisnis, serta seleb dan lifestyle.

Selain didukung reporter yang bertugas di Jakarta, TRIBUNnews.com didukung tidak saja oleh jaringan 28 koran daerah atau Tribun Network, tapi juga didukung oleh hampir 500 wartawan di 22 kota penting di Indonesia.

Tribunnews Pelopor Umpan Klik (Clickbait)

Tribunnews bisa dibilang pelopor judul-judul berita umpan klik (clickbait). Judul umpan klik dikenal sebagai jurnalisme yang tidak baik dan bentuk terendah jurnalisme media sosial.

Tribunnews dengan judul-judul umpan kliknya mengeksploitasi pembaca dan merupakan jurnalisme kuning (yellow journalism) model baru.

Jurnalisme kuning adalah jenis jurnalisme dengan judul-judul berita yang bombastis, tetapi isi beritanya tidak substansial.

Tribunnews banyak --jika tidak semua-- menggunakan judul umpan klik. Isi berita sering --jika tidak selalu-- berbeda dengan judulnya yang sensasional dan bombastis.

Banyak orang tidak suka Tribunnews karena dua teknik jurnalisme yang dipraktikannya:

1. Judul Berita Click Bait 

Orang akan cenderung mengklik judul berita yang click bait daripada yang tidak. Hal ini memberikan sinyal ke Google bahwa artikel ini adalah artikel yang baik.

2. Artikel Multipage 

Orang dipaksa harus mengklik halaman selanjutnya untuk membaca keseluruhan berita sehingga menurunkan bounce rate website. Bounce rate yang rendah memberikan sinyal ke Google bahwa artikel ini disukai pembaca.

Teknik Tribunnews di atas, khususnya Mulipage untuk meningkatkan Pageviews, belakangan mulai diikuti oleh Detik, Okezone, Sindonews, Tempo, Pikiran Rakyat, bahkan Republika.

Di forum Quora, banyak pengguna membahas tribunnews dan mengungkapkan ketidaksukaannya atas situs berita pengusung jurnalisme umpan klik ini. Dari sana pula sumber dan inspirasi postingan ini.

Cara Menghindari Tribunnews di Hasil Pencarian Google

Bagaimana mengindari Tribunnews di Google? Bagaimana agar Tribunnews tidak muncul di SERP Google saat kita mencari informasi atau berita terkini?

Ini dia cara Menghindari Tribunnews di Hasil Pencarian Google:

1. Buka Google Search
2. Ketik kata kunci atau info yang ingin dicari, lalu akhiri dengan -tribun (minus tribun).

Catatan:
Jika ingin menghindari situs lain, seperti Kompas, tambahkan -kompas. Demikian pula menghindari situs lainnya.

Jadi, dengan ditambahkan -tribun, berarti semua hasil pencarian tidak akan menyertakan situs Tribunnews dan semua berita/artikel yang mengandung kata "tribun"

Contoh

Kata Kunci: ramadhan

Muncul Tribunnews

Muncul Tribunnews

Kata Kunci: ramadhan -tribun 

Tribunnews Tidak Muncul


Tribunnews Tidak Muncul

Perintah kedua (menambahkan -tribun) artinya permintaan kepada Google agar tidak memunculkan Tribunnews atau konten apa pun yang berisi kata "tribun".

Demikian Cara Menghindari Tribunnews di Hasil Pencarian Google. Tulisan ini semata-mata untuk mendukung jurnalisme yang baik dan memerangi umpan klik (clickbait).*

» Thanks for reading: Cara Menghindari Tribunnews di Hasil Pencarian Google

Tags:
Comments

Copyright © 2020 Blogger Bandung All Right Reserved
About | Kontak | Disclaimer | Sitemap