Pengertian Herd Immunity

Herd Immunity menjadi trending topic di Twitter, Selasa (26/5/2020). Apa itu Herd Immunity? 

Pengertian Herd Immunity
Ilustrasi Herd Immunity. [Shutterstock]

ISTILAH Herd Immunity populer saat pandemi Virus Corona (Covid-19) saat ini. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tak merekomendasikan setiap negara yang menerapkan herd immunity dan melonggarkan lockdown . 

Menurut WHO, herd immunity dan melonggarkan lockdown bukanl cara yang tepat untuk memutus penyebaran corona.

Herd immunity dianggap sebagai jalan terbebas dari pembatasan sosial. Metode kekebalan kelompok dalam mengatasi Covid-19 dinilai penuh risiko.

Pengertian Herd Immunity

Herd Immunity adalah kekebalan komunitas atau kelompok yang bisa dicapai ketika tingkat imunitas komunitas tersebut tinggi.

Wikipedia menerjemahkan Herd Immunity sebagai "Kekebalan Kawanan", yaitu bentuk perlindungan tidak langsung dari penyakit menular yang terjadi ketika sebagian besar populasi menjadi kebal terhadap infeksi, baik melalui vaksinasi atau infeksi sebelumnya, sehingga memberikan ukuran perlindungan bagi individu yang tidak kebal. 

Dilansir Euronews, herd immunity merupakan konsep dalam epidemiologi yang menggambarkan bagaimana orang secara kolektif dapat mencegah infeksi jika beberapa persen populasi memiliki kekebalan terhadap suatu penyakit.

WHO menilai, cara mendapat herd immunity dengan pembiaran masyarakat tertular oleh virus corona sebagai hal yang berbahaya.

Vaksin dinilai sebagai cara terbaik untuk Herd Immunity. Sebuah komunitas atau negara dapat mencapai kekebalan imunitas melalui vaksinasi. 

Sampai vaksin tersedia secara luas, para ahli merekomendasikan untuk memonitor virus melalui pengujian luas dan pelacakan kontak, kemudian mengisolasi orang yang terinfeksi dan siapa saja yang berhubungan dengan mereka.

Herd Immunity Covid-19

Herd Immunity Coronavirus diyakini sebagian besar ilmuwan, dapat terjadi bila sekitar 65 persen hingga 75 persen dari populasi telah terinfeksi.

Pemerintah Indonesia, menurut juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto (Yuri), tidak akan menerapkan Herd Immunity. 

Yuri menyatakan, Herd Immunity itu hanya hukum rimba. Siapa yang kuat dia yang akan hidup dan yang tidak kuat akan mati. 

"Kalau seperti itu ngapain pemerintah dari awal capek-capek mengurus ini semua? Biarkan saja kalau yang masih hidup maka itu nanti yang akan melanjutkan. Itu namanya herd immunity. Kalau kita mau membiarkan herd immunity, ngapain kita berlelah-lelah membikin gugus tugas dan segala macamnya?" tutur Yuri.

Dosen epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga (FKM Unair), Laura Navika Yamani, mengatakan, herd immunity adalah kekebalan komunitas atau kelompok yang bisa dicapai ketika tingkat imunitas komunitas tersebut tinggi.

Konsep herd immunity paling tepat digunakan dalam praktik vaksinasi. Ketika suatu populasi mendapatkan cakupan vaksinansi tinggi artinya dapat melindungi kelompok minoritas yang tidak tervaksinasi,” ucap Laura dikutip dari laman Unair, Senin, 25 Mei 2020.

Menurutnya, Herd Immunity yang sekarang berkembang maknanya seperti "proses pembiaran". Artinya, orang dibiarkan terpapar secara alami dengan Covid-19 untuk membentuk kekebalan individu secara maksimal sampai memperoleh tingkat Herd Immunity.

Menurut Laura, jika Indonesia dengan jumlah penduduk 270 juta jiwa menerapkan konsep herd immunity covid-19 bukan dengan vaksinasi tetapi pembiaran agar terpapar secara alami. Maka harus ada sekitar 50 persen orang yang terinfeksi alami atau sakit Covid-19 yaitu sekitar 135 juta jiwa.

Herd immunity adalah bagian konsep epidemiologis yang menggambarkan keadaan di mana suatu populasi cukup kebal terhadap penyakit sehingga infeksi tidak akan menyebar dalam kelompok itu. 

Dengan kata lain, semakin banyak populasi yang terinfeksi oleh virus maka ada peluang dalam populasi tersebut menciptakan vaksinasi secara alami. 

Selain itu, risiko Herd Immunity ini juga sangat berbahaya. Jika untuk menghasilkan vaksin alami mayoritas penduduk harus terinfeksi virus maka akibatnya ada jutaan orang bisa meninggal jika kalah dalam melawan virus ini. 

Demikian Pengertian Herd Immunity.

Sumber: Medcom, IB Times, Detik

» Thanks for reading: Pengertian Herd Immunity

Tags:
Comments

Copyright © 2020 Blogger Bandung All Right Reserved
About | Kontak | Disclaimer | Sitemap