Puncak Bintang: Melihat Bandung dari Ketinggian 1.442 MDPL

Objek Wisata Alam Puncak Bintang: Melihat Bandung dari Ketinggian
Puncak Bintang adalah salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi di Bandung.

Suasana alam yang masih alami dengan banyaknya pohon pinus menjadikan tempat ini cocok untuk refreshing.

Dari ketinggian 1.442 Meter di atas Permukaan Laut (MDPL), pengunjung disuguhi pemandangan Bandung dari ketinggian. Cicalengka sampai Lembang. Daerah ini terbilang dingin dan sering juga dilingkupi oleh kabut.

Puncak Bintang berada di wilayah Perum Perhutani KPH Bandung. Tepatnya berada di Kampung Buntis Bongkor, Kecamatan Cimenyan, Bandung. Kawasan wisata ini diresmikan pada 23 September 2014 oleh Kepala Divisi Regional Jabar dan Banten.

Ketua Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Dudung mengungkapkan, pengunjung Puncak Bintang di hari biasa mencapai 200 lebih. Saat weekend jumlah itu bertambah menjadi 2-3 kali lipat dari hari biasa.

"Tak hanya wisatawan dari Bandung, dari luar kota bahkan wisatawan asing datang ke tempat ini," kata Dudung yang menjadi pengelola kawasan ini.

"Alhamdulilah pengujung yang datang ke sini banyak. Apalagi hari Sabtu dan Minggu itu pengunjung bisa mencapai 500 orang lebih. Ya, yang datang kesini tak hanya urang Bandung, tapi juga luar kota, bahkan dari luar negeri juga ada," paparnya.

Objek Wisata Alam Puncak Bintang: Melihat Bandung dari Ketinggian

Salah satu pengunjung, Reiyda Septi Pramudia, mengatakan sangat senang berkunjung ke tempat wisata ini.

"Ih, keren banget tempatnya, enak lagi, tapi sayang bayarnya mahal (seraya tertawa). Akses jalan menuju kawasan ini juga perlu diperbaiki karena banyaknya batuan yang tajam, apalagi tanah merah kalo musim ujan pasti licin," ungkapnya.

Kawasan dengan luas sebelas hektare ini semula hanya hutan pinus yang menghasilkan getah sebagai kebutukan bahan baku produksi.

Puncak Bintang: Melihat Bandung dari Ketinggian 1.442 MDPL

Lokasi Puncak Bintang Bandung cukup mudah untuk dicapai. Hanya berjarak kurang lebih 8-9 KM dari Cicaheum ke arah Padasuka (Saung Angklung Udjo), tepatnya di Kampung Buntis Bongkor, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung. 

Untuk menuju lokasi yang paling mudah adalah dari akses jalan Padasuka-Cicaheum (saung angklung udjo, 8.5 km/± 30 menit ke arah utara).

Jika dari arah Bandung, Anda tinggal menuju ke arah terminal Cicaheum. Di perempatan, tepat sebelum lampu merah Cicaheum, silakan belok kiri ke arah Padasuka. Tidak perlu takut, terdapat petunjuk jalan yang cukup jelas ke arah Padasuka (Saung Angklung Udjo). Ikuti saja jalan terus.(SGD News).*

Puncak Bintang: Melihat Bandung dari Ketinggian 1.442 MDPL

» Thanks for reading: Puncak Bintang: Melihat Bandung dari Ketinggian 1.442 MDPL

Tags: ,
Comments

Copyright © 2020 Blogger Bandung All Right Reserved
About | Kontak | Disclaimer | Sitemap