Blog tentang Blogging, Bandung, dan Persib

Daftar Link Layanan Google bagi Para Blogger dan Webmaster untuk SEO Blog/Website

Daftar Link Layanan Google bagi Para Blogger dan Webmaster untuk SEO Blog/Website

Blogging bukan hanya menulis dan posting. Membuat website juga tidak boleh asal jadi. Blog atau website harus dioptimalkan dengan SEO agar mudah diindeks Google dan banyak pengunjung.


Berikut daftar link situs penting bagi para blogger dan webmaster untuk menerapkan SEO bagi blog atau web yang dibuatnya. 


    Daftar laman web ini mulai dari halaman untuk mendaftarkan blog ke Google (Submit URL), mendaftarkan peta situs (Submit Sitemap), laman analisis trafik dan performa web (Google Analytic), pegujian hasil kaya (Rich Results/Rich Snippets), pengujian skema markup data tersturktur (Schema Structured Data), hingga pengujian web ramah seluler (Mobile Friendly Test).


    Ada juga website untuk tes kecepatan website (PageSpeed Insight) dan untuk SEO Image atau pengoptimalan gambar (Image Optimizer).

    Daftar Link Google bagi Blogger dan Webmaster

    Berikut ini daftar link situs penting bagi para blogger dan Webmaster atau Web Developer (pembuat website) agar performa blog/webnya maksimal di mesin telusur (search engine).

    1. Google Search Console

    Google Search Console adalah merupakan layanan gratis yang disediakan oleh Google untuk para webmaster. 


    Layanan yang dulu bernama Google Webmaster Tools ini berfungsi untuk meningkatkan keterlihatan (visibility) situs web di hasil pencarian Google dan menampilkan laporan status indeks pada web yang didaftarkan.


    Dulu Google menyediakan juga layanan Google Submit URL atau Add URLuntuk mendaftarkan blog/web. Namun, kini sudah terintegrasi dengan Google Search Console.

    2. Submit Sitemap

    Linknya masih sama, yaitu Google Search Console di atas. Setelah mendaftarkan website, maka langkah berikutnya klik menu Sitemap (Peta Situs) untuk mendaftarkan sitemap blog/web Anda.


    Dikenal dengan istilah Submit Sitemap, jika berhasil didaftarkan, maka seluruh konten atau isi blog/web akan dikenali Google untuk diindeks dan diranking di hasil pencariannya.


    Baca Juga: Cara Submit Url dan Sitemap Blog 


    Menurut Google, dua langkah di atas (Submit URL dan Sitemap) adalah cara terbaik dan gratis dalam penerapan SEO. Google sendiri memberikan panduan SEO bagi pemula berupa SEO Starter Guides.

    3. Google Analytic

    Google Analytic adalah layanan gratis Google yang menampilkan statistik pengunjung sebuah situs web atau blog. 


    Google Analytics dapat menelusuri pengunjung berdasarkan informasi halaman pengacu, termasuk mesin pencari, iklan, jaringan pay-per-click, email marketing, dan juga tautan yang terkandung dalam dokumen PDF.


    Di laman untuk analisis trafik dan performa web ini kita bisa membaca data yang disediakan Google, termasuk trafik, postingan terbanyak dibaca, hingga pengunjung real time dan artikel yang sedang dibukanya.

    4. Rich Results/Rich Snippets Test Page

    Rich Results Test  atau pengujian hasil kaya (Rich Snippets) adalah halaman khusus bagi blogger/webmaster untuk memastikan konten webnya bisa dilihat dan diindeks Google.


    Dulu, para blogger dan webmaster menggunakan Structured Data Testing Tool yang segera ditinggalkan Google. 


    Untuk memvalidasi data terstruktur untuk Pencarian Google, Google sekarang merekomendasikan untuk menggunakan alat uji hasil yang lebih diperkaya untuk umpan balik yang lebih akurat dan dapat ditindaklanjuti.


    Meski demikian, Google masih menyediakan pengujian skema markup data tersturktur dengan halaman baru bernama Schema Structured Data Validator, meskipun sudah tidak pengaruh lagi bagi SEO atau indeks dan ranking Google. 

    5. Mobile Friendly Test Page

    Mobile Friendly Test adalah halaman pengujian untuk memastikan blog atau halaman web Anda ramah seluler (mobile-friendly).


    Google dan mesin pencari lainnya memprioritaskan website yang mudah dan cepat diakses melalui seluler (HP).

    6. PageSpeed Insight

    PageSpeed Insight adalah website untuk tes kecepatan website. Ini untuk memastikan loading web ringan atau cepat (fast loading). 


    PageSpeed Insights merupakan sebuah tools yang berisi laporan performa dari page (website) untuk perangkat mobile dan desktop. 


    PageSpeed Insights akan memberikan Anda nilai (skor) dari 0-100 yang ditentukan berdasarkan performa website Anda. Semakin tinggi nilai Anda, maka semakin baik performa website Anda.


    Untuk perbandingan atau "second opinion", kita bisa juga tes kecepatam blog/web di GT Metrix.

    7. Image Optimizer

    Tools no. 7 ini bukan dari Google, tapi hasilnya berkaitan dengan indeks dan peringkat Google. SEO Image atau pengoptimalan gambar adalah mengubah ukuran file gambar agar lebih kecil dan ringan, namun tetap jelas (tidak buram/blur).


    Banyak sekali online tools untuk mengoptimalkan gambar, di antaranya Online Image Optimizer dan Free Image Optimizer.


    Demikian Daftar Link Layanan Google bagi Para Blogger dan Webmaster untuk SEO Blog/Website.


    Baca juga SEO Dasar Blog berupa Search Intent.


    Post a Comment

    Post a Comment (0)

    Previous Post Next Post