Blog tentang Blogging, Bandung, dan Persib

Pengertian Blog, Jenis-Jenis, Contoh, dan Cara Membuatnya

Apa itu blog dan bagaimana cara membuatnya? Berikut ini ulasan pengertian blog, jenis-jenis blog, contoh blog, dan cara membuatnya. Panduan bagi blogger pemula (newbie blogger).

Pengertian Blog, Jenis-Jenis, Contoh, dan Cara Membuatnya



Blog merupakan salah satu jenis website atau halaman di internet. Cara membuat blog itu mudah dan gratis. 

Blog masih menjadi konten internet terbanyak dibaca, setidaknya di Amerika Serikat. Banyak pengguna internet "tidak sadar" bahwa yang sedang atau sering dibaca/dikunjunginya adalah sebuah blog.

Sebuah survei yang dipublikasikan di LinkedIn menunjukkan, 77% pengguna internet membaca blog. 

Statistik tentang fakta menarik blog di First Site Guide menunjukkan, 61% pengguna internet di Amerika melakukan pembelian setelah membaca sebuah blog. 

Blog atau blogging pun sudah menjadi bagian dari strategi bisnis atau marketing --blog bisnis. Karenanya, blogging bukan hanya penting untuk berbagi, mengasah keterampilan menulis, tapi juga penting bagi para marketer dan praktisi humas atau public relations (PR).

Pengertian Blog

Apa Itu Blog? Apa bedanya blog dengan website dan media sosial?

Secara bahasa, blog merupakan kependekan dari weblog. Weblog juga singkatan dari website log. Website adalah halaman di internet. Log artinya "catatan".

Sebuah weblog, secara harfiah, adalah "log" dari web - situs bergaya buku harian, di mana penulis ("blogger") menautkan ke halaman web lain yang menurutnya menarik menggunakan entri yang diposting dalam urutan kronologis terbalik. 

Sejarah blog memang terkait sebuah website yang berisi daftar link informasi/berita dari website lain.

Istilah "blog" sendiri pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada Desember 1997. Barger menggunakan istilah "weblog" untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar.

Blog sering disebut "jurnal online" yang memuat informasi dari berbagai sumber serta konten, seperti artikel (postingan, blog post), teks, foto, video, dan link (tautan). 

Dalam Kamus Bahasa Indonesia, blog diartikan sebagai "catatan harian atau jurnal pribadi di internet yang dapat diakses oleh siapa saja". (KBBI)

Blog umumnya milik pribadi, baik untuk kepentingan personal branding, bisnis atau jualan online, maupun untuk berbagi pengalaman, pemikiran, dan pengetahuan. 

Para blogger umumnya mengisi blognya dengan format tulisan esai, informal, conversational, dan berisi cerita, pengalaman, tips, atau bahkan membahas topik "serius".

Pemilik atau pengelola blog disebut blogger (Inggris) dan bloger atau narablog (Indonesia). Aktivitas mengelola blo disebut ngeblog disebut blogging.  

Bedanya Blog dengan Website

Seperti disebutkan di atas, blog adalah bagian dari website atau salah satu jenis situs web. Sebuah blog pasti sebuah website, namun sebuah website belum tentu blog. 

Secara teknis, tidak ada perbedaan antara blog dan website. Struktur desain atau tampilan kedua sama-sama memiliki:
  1. Header
  2. Menubar
  3. Footer
  4. Sidebar
  5. Main Area

Perbedaan utama blog dengan website adalah dari segi kepemilikan dan konten. Blog umumnya milik pribadi. 

Website biasanya merujuk pada situs web berita, web lembaga, web organisasi, website resmi instansi, website bisnis, dan website jejaring sosial (media sosial).

Meski demikian, blog juga bisa dikelola oleh sebuah tim. Website lembaga, bahkan web berita, juga bisa menggunakan platform blog. 

Untuk Blogger.com, banyak template yang didesain untuk blog berita. Demikian juga untuk blog WordPress, banyak sekali tema (WP Themes) yang didesain untuk website berita. 

Platform Blog

Platform blog adalah situs web tempat membuat blog atau website gratis (free website builder). 

Situs web terpopuler untuk membuat blog gratis adalah Blogger.com dan WordPress.com. Masih banyak situs tempat bikin blog lain. Contohnya:
  1. Weebly.com
  2. Tumblr.com
  3. Blog.com
  4. LiveJournal.com
  5. Webs.com
  6. Blogdrive.com
  7. Wix.com
  8. Bravenet.com
  9. Webs.com
  10. Edublogs.org
  11. Moblog.net
  12. Problogs.com
  13. Blogigo.com
  14. Insanejournal.com
  15. Kompasiana.
Yang sering tampil di halaman pencarian Google adalah blog Blogger, WordPress, dan Kompasiana.

Jenis–Jenis Blog

Jenis-jenis blog bisa dilihat dari berbagai segi. Dari segi kepemilikan, jenis-jenis blog meliputi blog pribadi dan blog bisnis. 

1. Blog Pribadi 

Blog jenis ini dapat dimanfaatkan oleh setiap orang untuk hanya sekedar memberikan informasi terbaru berdasarkan pengalaman atau menambahkan kutipan dari narasumber terpercaya. 

Selain itu, blog pribadi juga tidak terikat oleh aturan dan anda bebas untuk mengekspresikan atau menuangkan buah pikiran anda dengan tepat. Blog pribadi umumnya memilih topik tertentu sebagai konten utama --dikenal dengan sebutan niche blog

Contohnya travel blog, fashion blog, blog sepakbola, blog musik, dll. Jika sebuah blog berisi topik bebas, tidak fokus pada salah satu niche, disebut general blogging

2. Blog Bisnis 

Blog bisnis disebut juga Business Blogging atau Corporate Blogging. Blog bisnis merujuk pada pembuatan konten artikel yang mencakup pemasaran digital atau biasa disebut dengan content marketing

Blog bisnis biasanya berupa subdomain dari web utama atau kategori khusus sebagai bagian dari konten web yang berisi artikel berbagai topik. 

Tujuannya agar website banyak pengunjung dan berdampak pada popularitas dan penjualan (sales). Contoh blog bisnis: Blog Tokopedia, Blog Alexa, Blog Acer, dll.

Jadi, pengertian blog juga bukan hanya merujuk pada web pribadi, namun juga blog yang dikelola lembaga bisnis dan nonbisnis, sebagai bagian dari strategi promosi atau pemasaran konten.  

Cara Membuat Blog

Setelah memahami pengertian dan jenis-jenis blog, kini saatnya membuat blog.

Cara membuat blog sangat mudah. Website pribadi yang gratis ini bisa dibuat di berbagai platfom. Namun, yang populer adalah Blogger dan WordPress.  

Untuk membuat blog di Blogger.com, berikut ini langkahnya:
  1. Buka Blogger.com
  2. Klik "Buat Blog Anda" (Creat Your Blog)
  3. Masuk dengan akun Gmail.
  4. Ikuti panduan berikutnya dari Blogger.

Untuk mengubah desain tampilan blog, agar lebih profesional dan SEO Friendly, gunakan template blog premium

Untuk membuat blog di WordPress:
  1. Buka WordPress.com atau id.wordpress.com untuk bahasa Indonesia.
  2. Klik 'Buat situs web'
  3. Akan muncul halaman baru di mana Anda harus mengisi berbagai informasi seperti email, nama pengguna, password, serta alamat blog.
  4. Isi kolom tersebut dengan berbagai informasi yang Anda inginkan, sekaligus pilih nama blog dan URLnya. Jangan lupa juga untuk klik link yang bertuliskan "akan menggunakan alamat yang gratis"
  5. Klik tombol 'buat blog'
  6. Pihak Wordpress akan mengirim link verifikasi di email Anda. Klik link verifikasi tersebut dan laman dasbor akan muncul. Ini menandakan bahwa Blog Anda telah jadi dan sudah siap diisi.

Demikian pengertian blog, jenis-jenis, contoh, dan cara membuatnya.*

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post