Blog tentang Blogging, Bandung, dan Persib

Pengertian Mural, Terkait Jokowi 404: Not Found dan Mural Dipaksa Sehat

Pengertian Mural


Mural sedang jadi isu media. Pemicunya sebuah mural mirip wajah Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertuliskan '404: Not Found' di Tangerang. Mural ini viral di jagat maya dan menjadi sorotan publik serta aparat.

Diberitakan Republika, polisi memburu komunitas mural di Tangerang. Mural itu dibuat di tembok bawah jembatan layang di Jalan Pembangunan I, Kelurahan Batu Jaya, Kecamatan Batu Ceper, Kota Tangerang, Banten.

Sebelumnya, ada grafiti --seni lukis mirip mural-- di sebuah tembok di Jalan Aria Wangsakara, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, bertuliskan 'Tuhan Aku Lapar!!'

Ada juga mural di Bangil, Kabupaten Pasuruan, bergambar karakter dua ekor hewan yang menyerupai kucing dengan dibubuhi tulisan "Dipaksa Sehat di Negeri yang Sakit".

Dari kasus-kasus itu, mural dan grafiti merupakan bagian dari media ekspresi, termasuk menyampaikan kritik atau sindiran.

Pengertian Mural

Apa itu mural?

Menurut Wikipedia, mural adalah cara menggambar atau melukis di atas media dinding, tembok atau permukaan luas yang bersifat permanen lainnya.

Mural” merupakan gambar atau lukisan di atas media dinding mirip graffity. Grafiti sendiri adalah coretan-coretan pada dinding yang menggunakan banyak warna dan komposisi-komposisi kata, simbol, atau kalimat tertentu sebagai jenis gambarnya.

Pengertian mural menurut bahasa yaitu mural berasal dari bahasa latin yaitu dari kata “Murus” yang berarti dinding. 

Secara luas pengertian mural adalah menggambar atau melukis di atas media dinding, tembok atau media luas lainnya yang bersifat permanen.

Grafiti Tuhan Aku Lapar

Seni mural sebenarnya sudah ada sejak zaman dulu. Bahkan, jika ditilik dari sejarah mural, mural sudah ada sejak pada masa prasejarah.

Pada masa itu, terdapat sebuah lukisan yang menggambarkan sebuah gua di Lascaux yaitu daerah Selatan Prancis. 

Mural yang dibuat pada masa prasejarah tersebut menggunakan sari buah sebagai cat air (karena pada masa prasejarah belum ada cat).

Pada masa prasejarah, negara yang paling banyak memiliki lukisan dinding atau mural tidak lain yaitu Prancis. Salah satu mural atau lukisan dinding yang paling terkenal pada saat itu yaitu mural karya Pablo Picasso.

Pablo Picasso membuat sebuah mural yang dinamakan Guernica atau Guernica y Luno. Mural art ini dibuat pada saat terjadinya peristiwa perang sipil di Spanyol pada tahun 1937.

Mural Jokowi Not Found

Itu dia pengertian mural yang diolah dari berbagai sumber.*

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post