Blog tentang Blogging, Bandung, dan Persib

Pengertian PageViews di Statistik Pengunjung Blog dan Cara Meningkatkannya

Pengertian PageViews di Statistik Pengunjung Blog dan Cara Meningkatkannya


Para blogger sudah familiar dengan istilah Pageviews. Ada menu Stats (Statistik) di dashboard Blogger. Berikut ini Pengertian PageViews di Statistik Pengunjung Blog.

Menu statistik di dashboard Blogger menyajikan data pengunjung blog per hari, per minggu, per bulan, per tahun, dan sepanjang masa (all time), plus asal negara pembaca blog kita

Stats ini juga menyajikan data sumber atau asal kunjungan, perangkat yang digunakan (mobile/desktop), serta jenis internet browser (Pageviews by Browsers) dan OS (Pageviews by Operating Systems).

Statistik cepat blog Anda di dasbor mencerminkan jumlah tampilan halaman yang diterima blog Anda dalam jangka waktu tertentu, statistiknya bisa jadi tidak akurat karena mungkin juga menghitung tampilan halaman Anda sendiri.

Blogger memang menyediakan opsi untuk berhenti melacak tampilan halaman Anda, meskipun itu tidak berfungsi dengan baik untuk banyak pengguna Blogger.

Apa Itu Pageviews?

Pageviews artinya jumlah halaman yang dilihat atau dibuka/dikunjungi. Blogger menampilkan data pengunjung per posting di menu Post/Postingan atau Entri. 

Google Analytics mendefinisikan pageviews sebagai "jumlah total halaman yang sedang dilihat di suatu situs web atau blog".

Saat pengguna me-refresh halaman yang sedang dibukanya, maka hal itu akan dihitung sebagai pageviews tambahan.

Jadi, pageviews adalah metrik yang ditentukan sebagai jumlah total halaman yang dilihat.

Misalnya, kita sedang membaca sebuah artikel di suatu situs web dan me-refresh-nya hingga lima kali. Google Analytics akan menghitung hal tersebut menjadi 5 pageviews.

Jadi, jumlah pageviews dihitung dari berapa kali sebuah blog atau website dibuka atau dikunjungi. Bisa jadi, satu pengunjung membuka banyak postingan, dan itu masuk ke statistik pageviews.

Bagaimana meningkatkan pageviews?

Pageviews sangat penting agar blog diterima Google AdSense dan menarik pemasang iklan, termasuk banner dan content placement.

Bagaimana cara meningkatkan pageviews? Berikut ini tips dari Neil Patel.

1. Buat konten blog yang bagus dan pastikan itu dioptimalkan

Isi blog dengan postingan unik, menarik, dan menerapkan SEO. Konten adalah raja. Content is King. Jadi, fokus semua optimasi blog sebenarnya adalah konten berkualitas.

2. Buat konten yang selalu hijau

Evergreen content atau konten yang selalu hijau maksudnya adalah tulisan yang tetap aktual dan dibutuhkan sepajang massa. Misalnya, postingan tentang pengertian dan tips.

3. Menciptakan pengalaman pengguna yang luar biasa

Pengalaman pengguna atau User Experience (UX) terkait kenyamanan pengunjung yang membuka blog kita. Pastikan desain blog ringan (fast loading), enak dilihat, dengan navigasi yang jelas, termasuk menu dan kotak pencarian.

4. Memiliki sidebar yang mempromosikan konten blog terkait

Jangan baikan sidebar atau bagian samping blog. Biasanya, di sidebar ada widget Recent Posts, Popular Posts, dan Labels. Ini bagus buat meningkatkan pageviews. 

Related Posts yang biasa ada di bagian bawah postingan juga wajib ada.

5. Promosikan posting blog lama

Promosikan konten blog lama Anda di media sosial atau mengupdatenya.


Itu dia pengertian pageviews di statistik Blogger dan cara meningkatkannya.*

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post