Blog tentang Blogging, Bandung, dan Persib

10 Cara Mengatasi Laptop Lambat untuk Mempercepat Kinerjanya

10 Cara Mengatasi Laptop Lambat untuk Mempercepat Kinerjanya


Laptop Anda lambat alias lemot? Lakukan cara mempercepat laptop berikut ini. Cara terpopuler adalah mengganti HDD ke SSD dan/atau meningkatkan kapasitas memory (RAM).

Laptop yang cepat dibutuhkan untuk multitasking, termasuk bermain game dan edit, khususnya edit video. Untuk edit video sangat diperlukan komputer yang cepat agar proses editing lancar dan cepat.

Cara Mengatasi Laptop Lambat

Ada banyak cara untuk mempercepat kinerja laptop. Berikut beberapa cara mengatasi laptop atau komputer yang lambat.

1. Memperbesar RAM


Cara yang paling efektif untuk dilakukan adalah dengan meningkatkan jumlah dari RAM nya, cara satu ini paling banyak dilakukan oleh orang-orang yang laptopnya mengalami lemot. 

RAM adalah singkatan dari Random Access Memory atau Memori Akses Acak.

Anda bisa meningkatkan RAM yang sebelumnya 2 GB ke ukuran 4 hingga 8 GB, semua tergantung pada seberapa besar batas akhir dari upgrade laptop Anda.

Namun untuk meningkatkan RAM, Anda membutuhkan tenaga ahli agar tidak terjadi kesalahan lainnya.

Anda perlu menyesuaikan kapasitas RAM dengan tujuan penggunaan sistem Anda. 

RAM 4 GB untuk daily use: DDR4 berkapasitas 4 GB cocok untuk sistem yang digunakan untuk daily use. Kapasitas ini sudah cukup besar dan nyaman untuk menjalankan program standar dengan performa maksimal.

RAM 8 GB untuk gaming atau editing: DDR4 berukuran 8 GB sangat cocok untuk sistem yang mengerjakan program lebih berat seperti gaming. 

Dilihat dari harga dan kualitasnya yang tidak berlebihan, RAM 8 GB adalah sweet spot untuk gaming saat ini. Contohnya Ram Laptop Sodimm DDR4 8GB PC2666 Team Elite. Harga di Tokopedia Rp Rp442.500.

RAM 16 GB untuk penggunaan di masa yang akan datang: DDR4 16 GB sudah pasti memiliki kualitas yang overpowered sehingga lancar untuk menjalankan program apa pun saat ini. 

Kapasitas 16 GB juga masih relevan untuk beberapa waktu ke depan seiring dengan berkembangnya kebutuhan sistem dalam menjalankan program yang lebih update.

2. Mengganti HDD ke SSD

Menambah HDD tidak berpengaruh besar terhadap kecepatan laptop Anda, meskipun berpengaruh itu hanya sedikit sekali. Yang terbukti ampuh adalah dengan mengganti HDD ke SSD.

Mengatasi Windows 10 yang lemot bisa dengan memasang SSD (Solid State Drive). SSD berfungsi untuk mempercepat kinerja PC.

Perangkat yang dipasang SSD tidak akan lambat meski sistemnya digunakan multitasking atau dijalankan secara bersamaan.

SSD memang didesain dengan teknologi yang lebih cepat dan menghemat konsumsi daya baterai PC dibanding HDD (Hard Disk Drive).

Itu dia Cara Mengatasi Laptop Lambat untuk Mempercepat Kinerjanya yang paling efektif dan populer dilakukan. Cara mempercepat laptop lainnya berikut ini.

3. Menghapus FIle di Recycle Bin

Ruang penyimpanan yang sedikit bisa menjadi penyebab kemampuan laptop yang berkurang, cara menghapusnya sama saja seperti menghapus file lainnya. Namun jangan lupa untuk selalu melakukan pengecekan pada Recycle Bin.

4. Menghapus Program Tidak Penting

Jika Anda menyadari ada banyak program yang tidak penting berada di laptop Anda, sebaiknya segera melakukan penghapusan agar tidak mengganggu kinerja laptop Anda kedepannya.

5. Virtual Memory

Meski kinerja yang dihasilkannya tidak sama besarnya dengan RAM, namun hal ini bisa membantu kinerja laptop menjadi meningkat. Anda bisa mulai dengan masuk ke control panel, dan klik system and security. 

Setelah pilih system dan advanced system, masuklah ke tab advanced. Pada bagian performance klik setting untuk masuk ke tab advance, pada opsi virtual memory dan klik change. 

Tanda centang harus Anda hilangkan pada automatically manage paging file size for all drives, centang pada custom size. Klik set dan terakhir klik Ok.

6. Memasang Anti Virus

Menggunakan antivirus juga bisa membantu mempercepat kinerja laptop, bisa jadi banyak virus yang berada di laptop Anda membuat kinerjanya menjadi lambat. Gunakan antivirus resmi dan jangan gunakan yang bajakan, Anda bisa menggunakan Windows Defender jika ingin antivirus yang lebih murah.

7. Rajin Defrag

Anda harus rajin untuk melakukan defrag pada hardisk Anda, ini bisa membantu hardisk Anda untuk bekerja lebih efisien dan lebih teratur.

Caranya dengan klik kanan pada hardisk dan pilih properti, kemudian pilih defragment now dan tunggu hingga selesai.

8. Memakai Disk Cleanup

Jika cara-cara di atas masih gagal untuk Anda lakukan, Anda bisa mencoba untuk melakukan pembersihan pada disk. 

Pembersihan ini bisa membantu Anda untuk membersihkan file-file yang bersifat sementara pada hardisk, Anda tinggal memilih drive mana yang ingin Anda bersihkan dari file-file sementara tadi. 

Caranya mudah Anda bisa klik kanan pada drive dan lanjut masuk ke properties, kemudian pilih disk cleanup.

Untuk disc cleanup, Anda bisa gunakan software atau aplikasi CCleaner.

9. Hibernate Mode

Cara lain yang bisa Anda coba lakukan untuk mengatasi laptop lambat dan mempercepat kinerjanya adalah menggunakan mode hibernate ketika akan masuk ke Windows. 

Fungsi dari memakai mode ini adalah untuk menyimpan memori yang saat itu sedang dimatikan. Ini bisa membantu membuat memori menjadi lebih segar kembali saat diajak untuk kerja yang lebih berat, caranya dengan klik windows key dan 1 secara bersamaan. 

Setelah masuk ke system Anda bisa klik power and sleep, lanjut masuk ke additional power setting. Lanjut masuk ke power option dan klik choose what the power buttons do, dan lakukan centang change settings that are currently available.

10. Menghentikan Program yang Berjalan

Cara terakhir yang bisa dicoba adalah dengan menghentikan program-program yang sedang berjalan di startup, Anda bisa melakukannya dengan cara masuk ke task manager. Lanjut dengan memilih program yang sedang tidak digunakan namun menyerap memori yang banyak, klik End dan selesai.

Laptop lemot sering terjadi pada laptop yang sudah lama sekali untuk digunakan, namun bisa juga terjadi karena tidak pernah dilakukan pembaruan selama beberapa waktu. 

Ada banyak penyebab dari lemotnya laptop Anda, yang sering terjadi biasanya terserang virus atau malware. Anda bisa memastikan terlebih dahulu penyebabnya, karena lemot disebabkan oleh virus umumnya terlihat setelah laptop tersebut lemot.

Mengatasi laptop yang lemot sebenarnya tidaklah sulit, Anda harus paham terlebih dahulu di mana letak kesalahannya. Ketika Anda sudah mengetahui di mana penyebabnya, Anda akan bisa memperbaikinya sendiri. Namun jika memperbaiki sendiri tidak kunjung menemukan solusi, Anda bisa meminta bantuan yang lebih ahli di bidang itu.*

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post