Blog tentang Blogging, Bandung, dan Persib

Apa itu Coding? Ini Dia Pengertian Coding dan Contohnya!

Apa itu Coding? Ini Dia Pengertian Coding dan Contohnya!


Presiden Jokowi menyatakan bahasa kode untuk pemrograman komputer alias coding penting untuk dikuasai.

Bahkan dia menyebut di masa mendatang coding lebih penting ketimbang Bahasa Inggris. Jokowi menyebut coding penting dikuasai karena bakal mempengaruhi banyak pekerjaan di masa depan.

"Bahasa bukan cuma Bahasa Inggris saja, bahasa coding ini lebih penting lagi ke depan," kata Jokowi saat beri pengarahan kepada Peserta PPSA XXIII Lemhannas di Istana Negara, Rabu (13/10/2021).

Di masa mendatang, Jokowi menyebut bakal banyak pekerjaan lama yang akan tergantikan.

Coding, kata dia, menjadi hal yang penting karena bakal punya pengaruh yang besar di banyak sektor. Jokowi meminta perguruan tinggi mulai menyesuaikan kurikulum dengan kebutuhan di masa depan. Salah satunya tentang coding.

Lalu, apa itu coding? Apa contohnya?

Pengertian Coding 

Secara bahasa (Inggris), coding artinya pengkodean atau pembuatan kode. Dalam KBBI, kode artinya:
  • tanda (kata-kata, tulisan) yang disepakati untuk maksud tertentu (untuk menjamin kerahasiaan berita, pemerintah, dan sebagainya)
  • kumpulan peraturan yang bersistem
  • kumpulan prinsip yang bersistem
  • aturan transformasi data atau informasi lainnya dari satu bentuk simbolik ke bentuk lainnya

Secara istilah, coding adalah kegiatan menulis sekumpulan kode untuk berkomunikasi dengan komputer. Dengan kode itu, kita dapat meminta komputer untuk menjalankan suatu hal sesuai instruksinya.

Contonya, membuat website, menyusun aplikasi, memproses data, atau hal yang berkaitan dengan teknologi lainnya.

Coding berfungsi di hampir semua perangkat berbasis teknologi. Mulai dari aplikasi di ponsel, smart TV, sistem AC di mobil, sampai dengan sistem lalu lintas di kota.

Lewat coding, kita bisa merasakan manfaat teknologi dengan lebih nyata. Hal-hal yang tadinya dilakukan secara manual, bisa dilakukan secara lebih efisien lewat komputer.

Bahkan, coding juga digunakan di sistem yang lebih rumit. Misalnya, seperti artificial intelligence (AI) dan machine learning. Dengan begitu komputer bisa membantu kita menyelesaikan masalah sehari-hari dengan lebih cepat.

Selain coding, ada juga yang disebut bahasa pemrograman atau programming.

Bahasa pemrograman adalah kode yang bentuknya sudah disesuaikan agar lebih mudah dimengerti manusia. Ada banyak sekali bahasa pemrograman:

1. HTML

Secara teknis, HTML sebenarnya bukan bahasa pemrograman. Cuma bahasa inilah yang biasanya pertama kali dipelajari, sebelum seseorang belajar pemrograman lebih jauh.

HTML digunakan untuk menyusun konten yang ditampilkan di website. Cara kerjanya, HTML menyusun bagian-bagian konten dalam elemen tertentu.

Misalnya, bagian utama konten ditunjukkan oleh elemen <body>. Sedangkan, paragraf ditunjukkan dengan elemen <p>.

Kalau kamu tak sengaja utak-atik blog di Blogger, kamu pasti pernah melihat kode HTML ini.

2. CSS

CSS adalah bahasa yang digunakan untuk mengatur tampilan website. Mulai dari warna teks dan backgroundnya, layout, tampilan elemen, dan hal lain yang kamu lihat di website.

Pokoknya, CSS membantu websitemu agar terlihat bagus dan mudah dibaca pengunjung.

3. JavaScript

JavaScript adalah bahasa pemrograman gabungan HTML dan CSS. Bahasa satu ini lebih dikenal karena kemampuannya meningkatkan interaksi user interface di website.

Misalnya, membuat efek animasi ketika mengklik tombol ataupun menebalkan kolom ketika pengunjung harus mengisi form tertentu.

Javascript juga menjalankan fungsi yang lebih kompleks. Mulai dari melakukan setting untuk password, mengamankan cara pembayaran online (payment gateway), menyembunyikan detail transaksi di website, menerapkan algoritma pencarian, dan lainnya.

Itu dia pengertian coding dan contohnya. Anda yang blogging, ngeblog, sebenarnya sedang dan sudah mendalami coding, setidaknya paham apa iti HTML, CSS, dan JavaScript yang membangun blog Anda.*

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post